Logo Pengelolaan NUPTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pengelolaan NUPTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, perlu menetapkan Keputusan Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Petunjuk Teknis Data Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia
Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, serta Kursus dan Pelatihan.

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2022 Tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  2. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 303/M/2022 Tentang Petunjuk Teknis Data Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Serta Kursus dan Pelatihan.

Persyaratan Penerbitan NUPTK sebagai berikut :
a. Melengkapi data induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
b. Bertugas di satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN;
c. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid berdasarkan data kependudukan nasional bagi Warga Negara Indonesia;
d. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid berdasarkan data kependudukan nasional atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Menetap Sementara (KIMS) yang masih berlaku bagi Warga Negara Asing;
e. Melampirkan ijazah dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir;
f. Melampirkan bukti memiliki kualifikasi akademik sesuai peraturan perundang-undangan;
g. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melampirkan:
   - Penetapan/keputusan pengangkatan CPNS atau PNS; dan
   - Penetapan/keputusan penugasan dari dinas pendidikan sesuai kewenangannya;
h. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berstatus bukan PNS yang diangkat oleh pemerintah daerah melampirkan Surat Keterangan minimal dari Kepala Bidang yang menangani pendidik dan tenaga kependidikan pada dinas pendidikan sesuai kewenangannya;
i. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang yang bertugas pada satuan pendidikan yang didirikan oleh badan penyelenggara satuan pendidikan melampirkan:
   - Penetapan/keputusan pengangkatan dari badan penyelenggara satuan pendidikan; dan
   - Penetapan/keputusan penugasan dari kepala satuan pendidikan/badan penyelenggara satuan pendidikan
j. Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan yang yang bertugas pada satuan pendidikan yang didirikan oleh orang perorangan/kelompok masyarakat/pemerintah desa melampirkan surat tugas dari kepala satuan pendidikan;
k. Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan Warga Negara Asing melampirkan :
   - Notifikasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang diterbitkan oleh Kementerian yang membidangi urusan ketenagakerjaan;
   - Penetapan/keputusan pengangkatan dari badan penyelenggara satuan pendidikan; dan
   - Penetapan/keputusan penugasan dari kepala satuan pendidikan/badan penyelenggara satuan pendidikan.

  1. Pemohon membawa dan melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang telah diisikan ke dalam aplikasi Dapodik Manajemen Satuan Pendidikan selanjutnya diintegrasikan ke aplikasi https://linktr.ee/datadikcimahi dan https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ Verifikasi dan Validasi Kemdikbudristek serta mengajukan berkas ajuan fisik ke Dinas Pendidikan Kota Cimahi;
  2. Petugas Dinas melakukan verifikasi dan validasi pengajuan ke Kemdikbudristek;
  3. Petugas Kemdikbudristek melakukan verifikasi dan validasi pengajuan NUPTK;
  4. Petugas Kemdikbudristek melakukan persetujuan sesuai dengan pengajuan.

UPDATE PER : 02-01-2023

KHUSUS TATA CARA UPLOAD AJUAN CALON PENERIMA NUPTK KE WEB VERVALPTK
UPLOAD DOKUMEN ASLI BUKAN COPY PADA https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

1. DOKUMEN YANG DI UPLOAD PADA MENU SK.PENGANGKATAN & PENUGASAN UNTUK PTK PNS (ASN) PADA SATUAN PENDIDIKAN NEGERI SEBAGAI BERIKUT :
1. SK.CPNS DARI PEMERINTAH;
2. SK.PNS DARI PEMERINTAH;
3. SK.JABATAN (SK.NOMENKLATUR JABATAN);
4. SPMT DARI KEPALA BKPSDMD KOTA CIMAHI;
5. SURAT PERINTAH TUGAS DARI KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA CIMAHI;
6. SK.PEMBAGIAN TUGAS (SK.KBM) SEMESTER 1 DAN 2 TAHUN AJARAN BERJALAN DAN PADA LAMPIRAN SK. KBM, NAMA PTK YANG DIAJUKAN WAJIB DIBERI TANDA DENGAN CARA NOMOR URUT DILINGKARI ATAU DIBERI TANDA STABILO BLOK WARNA TERANG (DARI KEPALA SEKOLAH);
7. SURAT TUGAS PERTAMA DAN TERAKHIR TAHUN AJARAN BERJALAN DARI KEPALA SEKOLAH;
KETERANGAN : POINT 1 S.D 7 DI SCAN GABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 2 Mb.

2. DOKUMEN YANG DI UPLOAD PADA MENU SK.PENGANGKATAN & PENUGASAN UNTUK PTK PPPK GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN NEGERI SEBAGAI BERIKUT :
1. SK.PENGANGKATAN PPPK GURU DARI PEMDA KOTA CIMAHI;
2. SPMT DARI BKPSDMD KOTA CIMAHI;
3. SPK.PEMDA KOTA CIMAHI DENGAN PPPK GURU;
4. SK.PEMBAGIAN TUGAS (SK.KBM) SEMESTER 1 DAN 2 TAHUN AJARAN BERJALAN DAN PADA LAMPIRAN SK. KBM, NAMA PTK YANG DIAJUKAN WAJIB DIBERI TANDA DENGAN CARA NOMOR URUT DILINGKARI ATAU DIBERI TANDA STABILO BLOK WARNA TERANG (DARI KEPALA SEKOLAH);
5. SURAT TUGAS PERTAMA DAN TERAKHIR TAHUN AJARAN BERJALAN DARI KEPALA SEKOLAH;
KETERANGAN : POINT 1 S.D 5 DI SCAN GABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 2 Mb.

3. DOKUMEN YANG DI UPLOAD PADA MENU SK.PENGANGKATAN & PENUGASAN UNTUK PTK NON PNS (NON ASN) PADA SATUAN PENDIDIKAN NEGERI SEBAGAI BERIKUT :
1. SURAT PERINTAH TUGAS PTK DAN PADA LAMPIRAN NAMA PTK YANG DIAJUKAN WAJIB DIBERI TANDA DENGAN CARA NOMOR URUT DILINGKARI ATAU DIBERI TANDA STABILO BLOK WARNA TERANG (DARI KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA CIMAHI);
2. SPK.PTK DENGAN KEPALA SEKOLAH (PERTAMA DAN TERAKHIR) TAHUN BERJALAN;
3. SK.PEMBAGIAN TUGAS (SK.KBM) SEMESTER 1 DAN 2 TAHUN AJARAN BERJALAN DAN PADA LAMPIRAN SK. KBM, NAMA PTK YANG DIAJUKAN WAJIB DIBERI TANDA DENGAN CARA NOMOR URUT DILINGKARI ATAU DIBERI TANDA STABILO BLOK WARNA TERANG (DARI KEPALA SEKOLAH);
4. SURAT TUGAS PERTAMA DAN TERAKHIR TAHUN AJARAN BERJALAN DARI KEPALA SEKOLAH;
KETERANGAN : POINT 1 S.D 4 DI SCAN GABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 2 Mb.

4. DOKUMEN YANG DI UPLOAD PADA MENU SK.PENGANGKATAN & PENUGASAN UNTUK PTK NON PNS (NON ASN) PADA SATUAN PENDIDIKAN SWASTA SEBAGAI BERIKUT :
1. SK.PENGANGKATAN GTY/PTY DARI YAYASAN YANG SAMA MINIMAL 2 TAHUN/LEBIH DIHITUNG SEJAK TERBIT (TMT) SK.PERTAMA GTY/PTY;
2. SPK.PTK DENGAN YAYASAN/KEPALA SEKOLAH (PERTAMA DAN TERAKHIR) TAHUN BERJALAN;
3. SK.PEMBAGIAN TUGAS (SK.KBM) MINIMAL 5 SEMESTER 3 TAHUN AJARAN BERJALAN DAN PADA LAMPIRAN SK. KBM, NAMA PTK YANG DIAJUKAN WAJIB DIBERI TANDA DENGAN CARA NOMOR URUT DILINGKARI ATAU DIBERI TANDA STABILO BLOK WARNA TERANG (DARI KEPALA SEKOLAH);
4. SURAT TUGAS PERTAMA S.D TERAKHIR 3 TAHUN AJARAN BERJALAN DARI KEPALA SEKOLAH;
KETERANGAN : POINT 1 S.D 4 DI SCAN GABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 2 Mb.

5. DOKUMEN YANG DI UPLOAD PADA MENU IJAZAH/STTB SD/SMP/SMA/S.1/D4 UNTUK PTK PNS/PPPK GURU (ASN)/NON PNS (NON ASN) PADA SATUAN PENDIDIKAN NEGERI/SWASTA SEBAGAI BERIKUT :
1. IJAZAH/STTB SD/SMP/SMA/S.1/D4 (TAMPAK DEPAN DAN BELAKANG).

2. JIKA IJAZAH/STTB ASLI HILANG, SEBAGAI BERIKUT :
A. SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH/STTB DARI SATUAN PENDIDIKAN/LEMBAGA ASAL YANG MENERBITKAN DAN DIKETAHUI OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN/PERGURUAN TINGGI SETEMPAT SESUAI DENGAN JENJANG PENDIDIKAN DAN KEWENANGANNYA;
B. IJAZAH/STTB COPY YANG SUDAH DILEGALISIR; DAN 
C. SURAT TANDA LAPORAN KEHILANGAN IJAZAH/STTB ASLI DARI KEPOLISIAN.
KETERANGAN : POINT A, B DAN C DI SCAN DIGABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 1 Mb.

3. JIKA IJAZAH/STTB ASLI ADA KESALAHAN PENULISAN, SEBAGAI BERIKUT :
A. IJAZAH/STTB ASLI; DAN
B. SURAT KETERANGAN KESALAHAN PENULISAN IJAZAH/STTB DARI SATUAN PENDIDIKAN/LEMBAGA ASAL YANG MENERBITKAN DAN DIKETAHUI OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN/PERGURUAN TINGGI SETEMPAT SESUAI DENGAN JENJANG PENDIDIKAN DAN KEWENANGANNYA;
KETERANGAN : POINT A DAN B DI SCAN DIGABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 1 Mb.

4. JIKA IJAZAH/STTB ASLI ADA KERUSAKAN, SEBAGAI BERIKUT :
A. IJAZAH/STTB ASLI; DAN
B. SURAT KETERANGAN KERUSAKAN IJAZAH/STTB DARI SATUAN PENDIDIKAN/LEMBAGA ASAL YANG MENERBITKAN DAN DIKETAHUI OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN/PERGURUAN TINGGI SETEMPAT SESUAI DENGAN JENJANG PENDIDIKAN DAN KEWENANGANNYA;
KETERANGAN : POINT A DAN B DI SCAN DIGABUNGKAN MENJADI 1 FILE .PDF MAX 1 Mb.

CONTOH FORMAT SURAT KETERANGAN KEHILANGAN, KESALAHAN DAN KERUSAKAN IJAZAH/STTB DI ATAS BERPEDOMAN PADA PERMENDIKBUD NOMOR 29 TAHUN 2014/PERATURAN MENTERI AGAMA/PERATURAN PERGURUAN TINGGI YANG MASIH BERLAKU.

6. SELANJUTNYA UPLOAD DOKUMEN AJUAN CALON PENERIMA NUPTK KE GOOGLE FORM YANG TELAH KAMI SEDIAKAN
PADA TAUTAN BERIKUT INI https://linktr.ee/datadikcimahi KLIK : FORM AJUAN NUPTK PTK SEKOLAH NEGERI/SWASTA.

CATATAN :
1. ISIAN DATA INDIVIDU DLL PTK PADA DAPODIK, DOKUMEN KEPENDUDUKAN KK, KTP, AKTA/SURAT KELAHIRAN DAN IJAZAH/STTB SD SAMPAI DENGAN TERAKHIR SEMUA WAJIB SAMA.
2. UNTUK JENIS PTK GURU : BERPEDOMAN PADA PERATURAN TENTANG GURU (IJAZAH TERAKHIR MINIMAL S1/D4) YANG MASIH BERLAKU.
3. UNTUK JENIS PTK NON GURU (TENAGA KEPENDIDIKAN) : BERPEDOMAN PADA PERMENDIKNAS NOMOR 24/2008 TENTANG STANDAR TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (IJAZAH TERAKHIR MINIMAL SMP).
4. LAPORAN DOKUMEN FISIK AJUAN CALON PENERIMA NUPTK DISAMPAIKAN KE DISDIK KOTA CIMAHI ATAU MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA CIMAHI LANTAI 2 (MENYESUAIKAN DENGAN JADWAL PETUGAS DISDIK), SEMUA DOKUMEN DISATUKAN DIMASUKAN KE DALAM MAP PLASTIK SNAIL HEKTER :
a. TK/PAUD : WARNA KUNING
b. SD : WARNA MERAH
c. SMP : WARNA BIRU
d. SKB DAN PKBM : WARNA HIJAU.

TERIMA KASIH. 
SEMOGA BERMANFAAT DAN BERKAH.

1 hari kerja
GRATIS

Penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dari Kemdikbudristek.