Kamis, 20 Oktober 2022 | hits 365

Sosialisasi OSS RBA dan LKPM Online bagi Sektor Telematika di Kota Cimahi Tahun 2022

Sosialisasi OSS RBA dan LKPM Online bagi Sektor Telematika di Kota Cimahi Tahun 2022

Kegiatan Sosialisasi OSS RBA dan LKPM Online bagi Sektor Telematika dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Agustus 2022. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Grandia Bandung, dibuka oleh Bapak Sekda Kota Cimahi dengan didampingi oleh Ibu Kepala Dinas PMPTSP Kota Cimahi. Kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan dari SKPD terkait diantaranya Disdagkoperin, Bappelitbangda, Admirek pada Setda Kota Cimahi, Disnaker, dan perwakilan dari Kecamatan, dan peserta dari sektor telematika. Jumlah undangan yang hadir kurang lebih 110 peserta yang hadir secara luring dan juga daring melalui media Zoom Meeting. Hadir pula narasumber dari BKPM yaitu Bapak Arief Margatama, dari DPMPTSP Provinsi Jawa Barat Ibu Arinal Legia Suherman, dan Ketua Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) Daryl Wilson.

Dalam sambutannya Sekda Kota Cimahi menekankan perlunya upaya peningkatan investasi pada sektor industri kreatif dan telematika khususnya dalam upaya pemuihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Upaya peningkatan kualitas perizinan dan investasi juga akan didorong melalui pengoperasian gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) pada awal bulan Desemeber 2022. Lebih lanjut, Kepala Dinas PMPTSP Kota Cimahi menyampaikan bahwa event promosi investasi Baros International Animation Festival (BIAF) akan bertransformasi memperluas sektor unggulannya pada bidang bisnis digital atau digital business. Direncanakan kegiatan promosi investasi digital business akan dilakukan pada bulan Sepetember dan Oktober 2022.

Ketua AINAKI menyampaikan berdasarkan data tahun 2020 terdapat 2 tipe usaha pada sektor animasi yaitu, usaha animasi yang berfokus kepada pelayanan atau service (79%) dan hak kekayaan intelektual (21%). Masing-masing tipe usaha tersebut memiliki kelebihan dan kendala. Usaha berbasis kekayaan intelektual perlu didukung riset dan pengembangan (R&D) karena memiliki hubungan rantai nilai yang panjang baik ke belakang maupun ke depan. Namun demikian, membutuhkan modal yang cukup besar. Cimahi jika ingin leading pada sektor animasi dan telematika harus berupaya mendorong lebih banyak lagi usaha berbais Intellectual Property (IP) karena telah memiliki technopark dan lembaga litbang daerah.

Narasumber dari BKPM dan DPMPTSP provinsi menyampaikan pentingnya pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA dan pelaporan kegiatan penanaman modal (LKPM) karena selain akan mempermudah kegiatan usaha, juga masukan bagi perumusan kebijakan pemerintah. Di samping itu terdapat konsekuensi secara bertahap jika tidak melaporkan LKPM.

Hingga Juli 2022 dari 56 tenant dan start-up hasil inkubasi bisnis di Technopark dan BITC baru 8 yang mengurus NIB dan belum ada yang melaporkan LKPM. Untuk itu direncanakan kedepannya Bidang Penmo pada DPMPTSP Kota Cimahi akan melakukan pendampingan langsung pengurusan NIB di Technoopark karena telah tersedia perangkat komputer yang lengkap. NIB dan LKPM akan menjadi salah satu syarat bagi peserta dalam kegiatan promosi investasi sektor telematika tahun 2022.

Untuk meningkatkan cakupan aspek legal NIB khususnya pada sektor unggulan Cimahi yaitu Telematika, kegiatan pengawasan dan pembinaan penanaman modal akan diintergasikan dengan kegiatan promosi investasi. Dibekali sistem informasi dan metodogi yang baik dalam penyelenggaran promosi investasi diharapkan akan menjadi salah salah satu inovasi baru dalam Bidang Penamanan Modal di Kota Cimahi.

Video Profil MPP Kota Cimahi

Statistik Pengunjung MPP Kota Cimahi

Hari Ini 1095 pengunjung

Bulan Ini 33996 pengunjung

Tahun Ini 214418 pengunjung

Layanan Lainnya