Kamis, 20 Oktober 2022 | hits 153

Pengawasan dan Peningkatan Realisasi Penanaman Modal pada Sektor Kesehatan di Kota Cimahi

Pengawasan dan Peningkatan Realisasi Penanaman Modal pada Sektor Kesehatan di Kota Cimahi

Seiring terjadinya pemulihan ekonomi nasional ternyata laju pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi pada sektor kesehatan pada akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022. Perkembangan sektor kesehatan menjadi penting dalam upaya pemulihan ekonomi dan menjaga kesehatan masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Kepala BKPM No. 5 tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Perizinan Berbasis Resiko disebutkan setiap pelaku usaha, termasuk sektor kesehatan, wajib menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Maka dinilai perlu  untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) serta Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) bagi pelaku usaha sektor kesehatan di Kota Cimahi.

Bertempat di Hotel Gandria Bandung, DPMPTSP Kota Cimahi pada hari Selasa tanggal 24 Mei 2022 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi OSS RBA dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid secara luring dan daring (zoom meeting) dengan fokus peserta pelaku usaha sektor kesehatan. Hampir seluruh rumah sakit yang diwakili oleh manajemen hadir pada  kegiatan ini. Hadir juga perusahaan skala besar dalam bidang alat kesehatan dan juga apotek-apotek yang ada di Kota Cimahi.

Dalam Sambutannya Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol Inf. (Purn.) Ngatiyana mengatakan bahwa setelah mulai melandainya kasus covid-19 ternyata kita dikejutkan dengan kemunculan penyakit hepatitis misterius dan baru-baru ini muncul juga cacar monyet (Monkeyfox) yang menurut World Health Organization (WHO) diperkirakan akan menyebar ke lebih banyak negara di dunia.

Masalah kesehatan menjadi perhatian yang sangat besar dan oleh karenanya akan terjadi pergeseran paradigma pelayanan publik sektor kesehatan dengan jangkauan lebih luas atau universal coverage. Bahkan kompleksitas masalah pelayanan publik juga bertambah dengan isu ketahanan pangan dan juga krisis energi dan stabilitas global akibat perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Di balik kondisi yang tidak menentu ternyata terdapat peluang bisnis yang besar diantaranya adalah pada sektor kesehatan. Untuk pertama kalinya pada tahun 2022 ini Pemerintah Kota Cimahi mendorong pendataan nilai realisasi investasi di Kota Cimahi dengan fokus sektor kesehatan.

Walaupun Kota Cimahi adalah kota yang kecil berdasarkan luas wilayahnya, tetapi jumlah fasilitas kesehatan yang ada di Kota Cimahi terhitung besar jumlahnya baik rumah sakit yang berjumlah 8 buah, klinik kesehatan bahkan puskesmas termasuk puskesmas pembantu yang berjumlah 12 buah. Termasuk juga perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan obat dan alat kesehatan. Selain memang tingkat kesadaran akan protokol kesehatan dan bekerjanya perangkat/struktur sosial hingga ke tingkat RW/RT saya yakin cukup kondusifnya penanaganan pandemik Covid 19 di Cimahi juga didukung oleh ketersediaan fasilitas kesehatan baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta.

Hingga bulan Maret 2022 ternyata telah terdapat 9 (sembilan) perusahaan yang mendafatar dan mengurus perizinan melalui Online Single Submission Risk-Based Approach. Dari daftar yang masuk masih banyak rumah sakit dan pelaku usaha sektor kesehatan sekala besar juga klinik-klinik yang belum mendaftar di OSS RBA. Diperkirakan baru 10% pelaku usaha sektor kesehatan yg mengisi OSS. bahkan kurang dari 2% yang melaporkan atau memperbarui laporan realisasi investasi melalui OSS RBA. Pada kesempatan ini hadir pemateri dari Kementerian Investasi/BKPM yaitu bapak Abdul Qodir, narasumber dari DPMPTSP  Provinsi Jawa Barat Ibu Arinal Legia Suherman, S.Ap., MAP dan bapak Lucky serta dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi bapak Bonnie Pahlevi.

Pada bagian akhir Plt. Wali Kota Cimahi juga menyinggung mengenai perceptan dan perbaikan pelayanan publik Kota Cimahi melalui pembangunan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang diharapkan akan dapat beroperasi pada akhir tahun 2022.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan untuk pelaku usaha sektor pendidikan, industri kreatif, dan manufaktur untuk lebih mendongkrak realisasi investasi di Kota Cimahi.

Video Profil MPP Kota Cimahi

Statistik Pengunjung MPP Kota Cimahi

Hari Ini 866 pengunjung

Bulan Ini 90198 pengunjung

Tahun Ini 176712 pengunjung

Layanan Lainnya